Cara Merubah Text Menjadi Suara

Cara Merubah Text Menjadi Suara

Cara Merubah Text Menjadi Suara

STFI-Cara Merubah Text Menjadi Suara " Text to Speech " dengan aplikasi fitur voice / speech asli Indonesia bernama "Damayanti" yang cukup berguna untuk pembuatan video Youtube sobat.

Halo sobat STF kali ini saya akan share software yang sangat Unik ,dengan menulis sebuah kalimat dalam bahasa indonesia software ini akan mengubahnya menjadi suara sesuai dengan yang kita tulis tentunya secara bahasa indonesia ,langsung saja sobat bisa download softwarenya disini.

Sobat tentu telah mengenal fiitur SIRI dari iOS bukan .Tapi tahukah Sobat bahwa fitur voice / speech sudah sejak lama ada di iOS maupun Mac OSX .Hanya saja fitur ini memang memang tidak semewah yang bisa dilakukan Siri yaitu dengan membaca perintah melalui ucapan Sobat .Tapi setidaknya fitur Damayanti ini bisa berguna di beberapa kondisi.
Fitur voice/speech asli Indonesa ini dinamai Damayanti .Sobat bisa meminta bantuan ke “Damayanti” untuk membacakan tulisan atau kalimat dan mengubahnya menjadi suara dengan versi indonesia.

Sobat bisa highlight artikel dan dibacakan oleh Damayanti bukan hanya itu dengan satu perintah saja Damayanti bisa membacakan artikel tersebut.

Sayangnya Damayanti tidak hadir secara default ,Sobat harus download paket speech terlebih dahulu dengan mengakses : System Preferences > Speech > Text to Speech > System Voice > Customize .Setelah itu cek Damayanti, maka Sobat akan diminta download file speech Damayanti yang berukuran sekitar ±500MB. Setelah selesai download ,maka Sobat bisa menggunakan System Voice Damayanti.

Damayanti memang dirancang untuk membaca dalam Bahasa Indonesia ,maka sebaiknya gunakan Damayanti untuk membaca konten yang berbahasa Indonesia .Damayanti bisa membaca tulisan berbahasa Inggris ,namun akan terdengar kurang baik dan tidak cocok .Higlight tulisan yang ingin dibacakan oleh Damayanti ,lalu tekan tombol OPTION+ESC agar Damayanti membacakan tulisan yang ingin Sobat jadikan Highlight.

Atau "Damayanti" bisa digunakan untuk mengedit video pembuka apalagi sobat youtubers pasti sudah paham sekali.Selamat mencoba.

wdcfawqafwef